Pedro4d | Daftar pustaka adalah bagian penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Membuat daftar pustaka secara manual bisa menjadi pekerjaan yang membosankan dan memakan waktu. Namun, dengan menggunakan Mendeley, sebuah perangkat lunak manajemen referensi, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola daftar pustaka Anda.

Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah perangkat lunak manajemen referensi yang memungkinkan Anda untuk mengorganisir, menyimpan, dan mengelola referensi yang Anda gunakan dalam penelitian atau penulisan karya ilmiah. Dengan Mendeley, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat daftar pustaka yang terstruktur dan terformat dengan baik.

Langkah-langkah membuat daftar pustaka dengan Mendeley di Word

Langkah 1: Unduh dan Install Mendeley

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal perangkat lunak Mendeley ke komputer Anda. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari situs web resmi Mendeley. Ikuti petunjuk instalasi yang diberikan untuk menginstal Mendeley dengan benar.

Langkah 2: Buat Akun Mendeley

Setelah menginstal Mendeley, Anda perlu membuat akun Mendeley. Buka aplikasi Mendeley dan klik “Buat Akun Baru”. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, dan kata sandi. Setelah selesai, klik “Daftar” untuk membuat akun Anda.

Langkah 3: Tambahkan Referensi ke Mendeley

Setelah memiliki akun Mendeley, langkah berikutnya adalah menambahkan referensi ke perpustakaan Mendeley Anda. Anda dapat menambahkan referensi secara manual dengan mengisi formulir yang disediakan, atau Anda dapat mengimpor referensi dari berbagai sumber seperti Google Scholar atau PubMed. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat untuk setiap referensi yang Anda tambahkan.

Langkah 4: Buat Grup dan Folder

Untuk mengorganisir referensi Anda dengan lebih baik, Anda dapat membuat grup dan folder di Mendeley. Grup memungkinkan Anda untuk berbagi referensi dengan rekan kerja atau teman sejawat, sedangkan folder memungkinkan Anda untuk mengelompokkan referensi berdasarkan topik atau proyek tertentu. Buat grup dan folder sesuai kebutuhan Anda untuk mempermudah manajemen referensi Anda.

Langkah 5: Sisipkan Daftar Pustaka ke Word

Setelah Anda selesai menambahkan dan mengorganisir referensi Anda di Mendeley, Anda dapat dengan mudah menyisipkan daftar pustaka ke dalam dokumen Word Anda. Untuk melakukannya, buka dokumen Word yang ingin Anda sisipkan daftar pustaka. Pada tab “Referensi” di menu Word, klik tombol “Mendeley Cite-O-Matic”. Pilih referensi yang ingin Anda sisipkan dan klik “OK”. Daftar pustaka akan otomatis ditambahkan ke dokumen Word Anda dengan format yang sesuai.

Kesimpulan

Mendeley adalah alat yang sangat berguna untuk membuat dan mengelola daftar pustaka dalam penelitian atau penulisan karya ilmiah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka yang terstruktur dan terformat dengan baik di Word. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *